Soal Kurikulum 2013 Tema 8:Ekosistem (Bahasa Indonesia, IPA, dan PPkn)
Soal kurtilas
2016 Bahasa Indonesia (1-25)
Bacalah paragraf
berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 s/d 4!
Saat ini di
daerahku sedang musim durian. Pedagang durian memadati jalan-jalan di desaku.
Suatu hari, teman-teman bermain ke rumahku. Ayah mengajak kami ke kebun durian
yang tempatnya tak jauh dari rumahku. Di sana kami memetik buah durian.
Tak lama
berselang, ayah berteriak, “Awas ada durian yang mau jatuh!” aku yang tengah
asyik bercanda tak mendengar peringatan itu. Durian itu pun jatuh mengenai kakiku.
Aku pun menangis kesakitan. Namun bukannya kasihan, teman-temanku makin tertawa
terbahak-bahak.
Sakit itu pun
jadi berkurang ketika teman-temanku mengajakku menikmati buah durian yang
sangat manis.
1. Siapa yang memadati jalan
desaku?
A. Pedagang mangga.
B. Pedagang apel.
C. Pedagang durian.
D. Pedagang nangka.
2. Bagaimana kejadian saat durian
jatuh?
A. Durian mengenai kepalaku.
B. Durian mengenai kakiku.
C. Durian jatuh di sebelahku.
D. Durian jatuh mengenai kaki
temanku.
3. Pertanyaan yang sesuai dengan
paragraf ke tiga adalah ....
A. Bagaimana cara makan buah
durian?
B. Apa yang menyebabkan rasa
sakit berkurang?
C. Siapa yang kamu ajak menikmati
durian?
D. Kapan saat yang tepat makan
durian?
4. Ide pokok paragraf pertama
adalah ....
A. Saat ini di daerahku sedang
musim durian
B. Pedagang durian memadati
jalan-jalan di desaku
C. Ayah mengajak kami ke kebun
durian yang tempatnya tak jauh dari rumahku
D. Kami memetik buah durian di kebun
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal
nomor 5 sampai dengan 8!
Bertanam
Tanpa Tanah
Tanpa
tanah kita dapat menanam berbagai macam bunga. Kini telah banyak dikembangkan cara
bercocok tanam yang dikenal dengan nama hidroponik. Bercocok tanam hidroponik
tidak menggunakan tanah. Hidroponik justru menggunakan media tanam seperti
kerikil, pecahan genting, pasir kali atau gabus putih. Pokoknya, benda–benda
berpori yang dapat digunakan untuk tempat pertumbuhan tanaman.
Sistem
bercocok tanam hidroponik ini sangat cocok untuk lingkungan perkotaan. Tak
heran jika hidroponik dipilih oleh penggemar kegiatan tanam menanam. Hal ini
disebabkan cara tanam hidroponik yang praktis dan bersih. Apalagi hidroponik
menawarkan beberapa keuntungan lain yang tidak sama dengan bercocok tanam biasa
dengan tanah. Konon, produksi tanaman hidroponik lebih tinggi nilainya dan
bebas hama penyakit.
Bermacam-macam
bunga seperti kaktus, mawar, anyelir, dan berbagai jenis anggrek adalah jenis
tanaman yang biasa ditanam dengan cara hidroponik. Bahkan dalam perkembangannya,
beberapa jenis tanaman produktif pun mulai ditanam dengan cara hidroponik.
Selain menjadi penyejuk lingkungan, kita pun dapat menikmati hasil dari tanaman
produktif yang kita tanam. Mari kita hijaukan lingkungan kita yang lahannya
terbatas dengan bercocok tanam tanpa tanah.
5. Apakah keuntungan menanam
dengan cara hidroponik?
A. Menggunakan media seperti
kerikil, pecahan genting, pasir kali, atau gabus putih.
B. Cara bertanam hidroponik
praktis, bersih, dan produksi tanaman lebih tinggi nilainya.
C. Beberapa tanaman produktif
mulai ditanam dengan cara hidroponik ini.
D. Lahan di daerah perkotaan
sangat terbatas dan sudah tercemar polusi udara.
6. Kalimat tanya yang sesuai
dengan paragraf kesatu adalah . . . .
A. Mengapa cara tanam hidroponik
diminati banyak orang?
B. Di mana kita biasa bertanam
tanaman dengan cara hidroponik?
C. Apa nama cara bertanam yang
tidak menggunakan tanah?
D. Bagaimana cara menghijaukan lingkungan tempat
tinggal kita?
7. Ide pokok paragraf kedua
adalah . . . .
A. Hidroponik cocok di perkotaan.
B. Hidroponik biayanya murah
C. Hidroponik dapat menghijaukan
lingkungan.
D. Hidroponik banyak
keuntungannya.
8. Kalimat yang sesuai dengan
paragraf ketiga adalah . . . .
A. Berbagai jenis tanaman dapat
ditanam dengan cara hidroponik.
B. Bercocok tanam hidroponik
hanya dapat dilakukan untuk tanaman bunga.
C. Bercocok tanam hidroponik
hanya berfungsi sebagai penyejuk lingkungan.
D. Produksi tanaman hidroponik lebih tinggi nilainya
dan bebas hama.
Teks 1
Pencemaran lingkungan yang
terjadi di permukiman penduduk di kota-kota besar
pada umumnya disebabkan perilaku
penduduk itu sendiri. Penyebab utamanya adalah
kebiasaan masyarakat membuang
sampah sembarangan. Sampah yang berserakan di
mana-mana itulah yang menyebabkan
terjadinya pencemaran lingkungan.
Teks 2
Keadaan Kali Ciliwung yang
membelah Kota Jakarta sangat memprihatinkan. Hal ini
dapat dilihat dari kondisi airnya
yang kehitam-hitaman dan juga berbau, belum lagi
banyaknya sampah yang ada di
permukaan airnya. Tercemarnya air sungai ini karena
perilaku masyarakat membuang
sampah ke sungai.
9. Kedua teks tersebut sama-sama
membahas tentang . . . .
A. Pencemaran Kali Ciliwung.
B. Pencemaran permukiman
penduduk.
C. Pencemaran yang disebabkan
ulah masyarakat.
D. Pencemaran akibat pembuangan limbah pabrik
10. Bunga mawar dapat tumbuh dengan baik…nutrisi tanah
terpenuhi.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah
….
a.
karena
c. walaupun
b.
asalkan
d. sehingga
Bacaan berikut untuk soal nomor 11-13 !
Lingkungan yang bersih akan menjadikan hidup lebih
sehat. Agar lingkungan tetap bersih, kita harus rajin membersihkannya.
Lingkungan yang bersih akan lebih indah dipandang. Selain itu, kita akan nyaman
tinggal di lingkungan tersebut. Jadi, jagalah lingkungan sekitar agar hidup
kita lebih sehat. .
11.
Tema bacaan tersebut adalah. …
a.
lingkungan bersih dan sehat
c.
manfaat lingkungan
b.
menjaga lingkungan
d.
hidup bersih dan sehat
12.
Pesan yang terkandung dalam bacaan di atas adalah. …
a.
sebaiknya kita menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat
b.
agar kita senantiasa merawat lingkungan sekitar
c.
supaya kita menciptakan hidup damai, tenang, dan nyaman
d.
supaya kita menjaga kebersihan lingkungan agar hidup menjadi lebih sehat
13. Ayah Kusno seorang petani …
Modal ayah Kusno dalam bertani adalah kemauan keras dan mau belajar ilmu
pertanian. Dalam bekerja, ayah Kusno dibantu oleh tetangga. Ayah Kusno bertani
untuk mendapatkan penghasilan.
Kalimat yang tepat untuk mengisi
paragraf rumpang di atas yaitu . . .
A. Dia gemar menonton sepak bola.
B. Dia petani sayuran.
C. Dia juga lancar membaca.
D.
Dia selalu setia kepada istrinya.
14.
....
Sesampai di rumah, Maman menanam bibit tanaman yang dibelikan ayahnya.
Bibit tanaman itu bibit tanaman mangga dan jambu air. Maman menanam bibit
tanaman itu di halaman samping rumahnya. Di halaman samping tersebut telah tumbuh pohon nangka
dan pohon rambutan.
Kalimat yang sesuai
untuk mengawali penggalan cerita
tersebut adalah…
a. Maman senang sekali hari itu.
b. Hari itu Maman diajak ayahnya pergi ke kebun pembibitan
tanaman. Ayah Maman membelikan Maman bibit tanaman mangga dan jambu air. Maman
senang sekali.
c. Maman ingin menanam bibit tanaman mangga dan jambu air. Maman
mengajak ayahnya ke toko tanaman.
d. Ayah Maman membeli
bibit tanaman mangga dan jambu air di kebun pembibitan tanaman.
15. Laporan berikut
untuk soal nomor 32 – 33
Laporan
Pengamatan
Laporan Pengamatan Objek
|
:
|
Pertumbuhan kacang
hijau
|
|
Waktu
|
:
|
4 – 8 Maret 2013
|
|
Tempat
|
:
|
Lapangan sekolah dan
di dalam kotak tertutup
|
|
Pengamat
|
:
|
Nafi
|
|
Hasil:
I. Terdapat perbedaan
pertumbuhan kacang hijau di daerah terkena sinar matahari (lapangan) dan tidak
terkena sinar matahari (kotak tertutup)
II. Kecambah kacang
hijau yang terkena sinar matahari tumbuh berwarna hijau sedangkan kecambah
kacang hijau yang tumbuh di daerah tidak terkena sinar matahari berwarna
kuning.
III. ….
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah ….
a. Sinar matahari
tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau.
b. Sinar matahari
membuat kacang hijau cepat matang.
c. Sinar matahari
berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau.
d. Sinar matahari
membuat kacang hijau layu.
16. Laporan
pengamatan ditulis oleh….
a. Siswa b. Nafi c. Guru d. Peneliti
17. Pertumbuhan
kecambah yang paling baik ketika ditanam di…
a. Lapangan
sekolah b.
kotak tertutup
c. dalam kelas c. Halaman
sekolah
18. Di kaki bukit nan hijau
Di keteduhan pohon tua merinding
Buluh
perindu tiupannya mengalun merdu
Melagukan nyanyian pelipur lara
Sementara
Ia menunggu
Ternak
dombanya merumput lahap
Hingga
petang datang menjelang
Digiringnya
pulang ke kandang
Puisi
diatas jika diubah dalam bentuk prosa menjadi ….
a.
Di
bawah pohon rindang, seorang penggembala duduk sambil meniup terompet yang
dibawanya. Dia menghibur hatinya sambil menunggu dombanya hingga sore hari.
Untuk digiringnya pulang ke kandang.
b.
Seorang
penggembala duduk di bawah pohon yang rindang sambil bermain buluh
kesayangannya. Dia menghibur hati yang sedang sedih bersama dombanya hingga
sore hari. Setelah itu dia pulang ke kandang.
c.
Seorang
penggembala duduk di bawah pohon yang rindang. Dia mengambil buluh
kesayangannya. Dia bermain sambil menunggu dombanya hingga sore hari. Untuk
digiringnya pulang ke kandang.
d.
Di
bawah pohon yang rindang, seorang penggembala duduk sambil meniup buluh
perindu. Dia menghibur hari sambil menunggu dombanya hingga sore hari. Untuk
digiringnya pulang ke kandang.
19. Judul yang tepat
pada puisi di atas adalah….
a.
Gembala b. petani c. peternak d. pemburu
Puisi untuk soal nomor 20 – 21!
Alam Desa
Mentari pagi terbangun di ufuk timur
Ayam jantan berkokok
Pak tani berangkat ke sawah
Tanaman padi menghampar luas
Air sungai mengalir jernih
Udara sejuk dan bersih
20. Pernyataan yang sesuai dengan isi puisi tersebut adalah ….
a. Pak tani berangkat ke sawah saat matahari sudah tinggi.
b. Ayam jantan milik Pak Tani berkokok sepanjang hari.
c. Tanaman padi Pak Tani sudah mulai menguning.
d. Udara di desa Pak Tani masih sejuk dan bersih.
21. Makna ufuk dalam puisi di atas adalah ….
a. arah
c. sebelah
b. cakrawala d. bagian
22. Pisang emas bawa berlayar,
masak sebiji di
dalam peti.
….
….
Isi yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah ….
a. Mahal emas dapat dibayar,
utang budi pikir
sendiri.
b. Jika berhutang harus dibayar,
utang budi tiada
pasti.
c. Utang emas dapat dibayar,
utang budi dibawa
mati.
d. Emas rusak hrus dibayar,
utang
budi dibawa mati.
23. Perhatikan pantun berikut !
Gagak
terbang tinggi,
rajawali
hinggap di batu
…….
……
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi isi pantun tersebut adalah. …
a.
Anak yang rajin, pasti disayang teman
b. Anak yang pintar, pasti dapat juara Satu.
c.
Anak yang berprestasi, pasti rajin bekerja
d.
Anak yang berbakti, pasti senang membantu ibu.
Puisi
berikut untuk soal nomor 24 – 25
Angin
menghampiriku
tertatih-taih
Berbisik
di telinga kiri
lembut,
sejuk
Bulu
halus di pelipis
tersibak
rasa hampa
tiba-tiba
aku
sadar
aku
harus belajar
24. Parafrasa yang
sesuai dengan puisi tersebut adalah …..
a. keengganan seseorang untuk belajar
b. kesadaran seseorang yang harus belajar
c. seseorang yang akan berangkat sekolah
d. seseoran yang
sedang belajar pada pagi hari
25. Makna kata yang
bergaris bawah pada puisi tersebut adalah ….
a.
tegang c.
damai
b. resah d. sunyi
IPA (1-20)
1. Satuan
terkecil ekosistem disebut…
a.
Populasi
b.
Individu
c.
Komunitas
d.
Biosfer
2. Contoh
ekositem alami meliputi….
a.
Danau, waduk, dan sungai
b.
Laut,kolam, dan sawah
c.
Hutan, ladang, dan sungai
d.
Danau, sungai, dan padang rumput
3. Komponen
abiotik yang paling berperan sebagai aliran energi pada suatu ekosistem adalah…
a.
Air b. tanah c. cahaya matahari d. kadar garam
4. Sekelompok
makhluk hidup sejenis yang tinggal pada suatu tempat dalam jangka waktu
tertentu disebut…
a.
Jaringan b. populasi c. individu d. bioma
5. Simbiosis
komensalisme dapat dilihat dari….
a.
Kupu-kupu dengan bunga mawar
b.
Kerbau dengan burung jalak
c.
Anggrek di pohon mangga
d.
Tali putri dengan bunga kertas
6. Tindakan
manusia yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan adalah…
a.
Penebangan liar
b.
Pencemaran sungai
c.
Ladang berpindah
d.
Sistem tebang pilih
7. Tumbuhan
hijau berperan sebagai produsen, sebab….
a.
Menghasilkan benda yang berguna bagi
lingkungannya
b.
Mampu membuat makanan sendiri dengan
bantuan cahaya matahari
c.
Memakan makanan yang ada di
lingkungannya
d.
Menguraikan sisa-sisa makhluk hidup
lainnya
8. Hubungan
atau interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya disebut…
a.
Individu b. populasi c. komunitas d. ekosistem
9. Berikut
ini, yang termasuk komponen biotik dalam ekosistem adalah…..
a.
Batu b. capung c. udara d. cahaya
10. Organisme
yang berperan sebagai konsumen adalah….
a.
Ayam b. pohon pisang c. alga d. rumput
11. Perhatikan
rantai makanan berikut:
Hewan yang berperan sebagai konsumen tingkat dua
adalah…
a.
Belalang b. katak c. ular d. burung elang
12. Jika
burung elang punah dalam suatu ekosistem, maka makhluk hidup yang mengalami
pertambahan jumlah populasi adalah….
a.
Rumput b. belalang c. katak d. ular
13. Ekosistem
yang memiliki suhu tinggi, berpasir, dan banyak hewan berbisa adalah ekosistem…
a.
Hutan hujan tropis b. gurun c. sabana d. padang rumput
14. Ciri-ciri
dari ekosistem taiga adalah…
a.
Beriklim tropis, memiliki curah hujan
teratur, dan banyaknya tanaman merambat
b.
Beriklim tropis dan sedang, curah hujan
sedang, dan banyak ditumbuhi rumput
c.
Beriklim dingin, ditumbuhi hutan lumut,
dan terletak di daerah kutub
d.
Beriklim dingin, ditumbuhi hutan berdaun
jarum, dan terdapat hutan pinus
15.
Produsen pada piramida makanan ditempati oleh…
a. Tumbuhan
hijau b. hewan c. pengurai d. jamur
16.
Perhatikan gambar piramida makanan berikut:
Konsumen puncak memperoleh energi………dibanding
makhluk hidup di posisi lainnya.
a. Paling
banyak
b. Paling
sedikit
c. Sama banyak
d. Paling
buas
17. Konsumen
tingkat satu adalah…….
a. Hewan
herbivora b. hewan
karnivora c. hewan omnivora
18. Seekor
singa bertarung dengan singa lainnya ketika mendapatkan seekor rusa. Persaingan
tersebut terjadi untuk….
a. Pertahanan
daerah
b. mendapatkan
makanan
c. mendapatkan
pasangan
d. mengunggulkan
diri
19. Sawah
merupakan bentuk ekosistem….
a. Alami b. buatan c. natural d. hutan
20. Sarah
mengamati kebun di belakang rumahnya dan mengamati interaksi makhluk hidup:
I)pepaya dihinggapi hama
II)lumut di pohon kelapa
III)lebah di atas bunga mawar
IV)ikan remora dengan ikan hiu
Hubungan simbiosis parasitisme
terjadi pada nomor…
a.
I
b. II c. III
PPKn (1-10)
1. Bukti menunjukan bahwa masyarakat adalah suatu bentuk
ekosistem yaitu…
a.
adanya interaksi antarmasyarakat yang berbeda suku
b.
adanya persaingan antarmasyarakat yang berbeda suku
c.
adanya pemisahan antarmasyarakat yang berbeda suku
d.
adanya aliran energi antarmasyarakat yang berbeda suku
2. Jika interaksi
antar masyarakat terganggu, maka…
a. keadaan
komunitas masyarakat berjalan baik
b. keadaan
komunitas masyarakat akan terganggu
c. keadaan
komunitas masyarakat berjalan seperti biasa
d. keadaan
komunitas masyarakat akan beragam
3. Contoh sikap
yang menyikapi perbedaan dengan teman-teman di sekitarmu adalah…
a. bermain dengan
teman satu suku
b. membantu teman
ketika kesusahan
c. menghindari
bermain di lingkungan luar
d. mengabaikan
tugas kelompok
4. Sikap memberikan
apa yang kita punya kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan disebut….
a. Berbagi b.
peduli c. toleransi d. menghargai
5. Kegiatan yang
biasanya dilakukan bersama-sama dalam masyarakat adalah…
a. mencuci pakaian b. belajar di sekolah c. penyelenggaraan acara
pernikahan
6. Semboyan negara
‘berbeda-beda tetap satu’ adalah…
a. Bhineka Tunggal
Ika
b. Tut wuri
handayani
c. Pancasila
d. Dasa Warsa
7. Kegiatan yang
berhubungan dengan kebudayaan adat istiadat adalah…
a. acara
pemerintahan
b. acara pernikahan
c. acara kematian
d. upacara bendera
8.
Sikap
bekerja sama dan saling membantu secara bersama-sama di dalam masyarakat disebut….
a. peduli b. santun c. gotong royong d. tenggang rasa
9.
Kegiatan
yang biasanya dilakukan bersama-sama di sekolah adalah…
a. mencuci
b. belajar di sekolah
c. penyelenggaraan acara
pernikahan
10.
Kerja
sama merupakan perwujudan Pancasila sila …
a. 1 b. 2 c. 3
Kejujuran membuat
seseorang jauh lebih mulia
Selamat
Mengerjakan
Nama Product | Product Name Goes here! |
---|---|
Harga | Rp 99.99 |
Keterangan | Your product description here! |
Available Stock | Stock count here! |
silakan ibuk cek... maaf atas keterlambatannya, sebab pas hari sabtu laptopnya ada gangguan
BalasHapus