Total Tayangan Halaman

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 23 April 2016

soal k13 sdit Al Iffat dan SDN Sawah Padang


                   Soal Kurikulum 2013 Tema 8:Ekosistem (Bahasa Indonesia, IPA, dan PPkn)


Soal kurtilas 2016 Bahasa Indonesia (1-25)
Bacalah paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 s/d 4!
Saat ini di daerahku sedang musim durian. Pedagang durian memadati jalan-jalan di desaku. Suatu hari, teman-teman bermain ke rumahku. Ayah mengajak kami ke kebun durian yang tempatnya tak jauh dari rumahku. Di sana kami memetik buah durian.
Tak lama berselang, ayah berteriak, “Awas ada durian yang mau jatuh!” aku yang tengah asyik bercanda tak mendengar peringatan itu. Durian itu pun jatuh mengenai kakiku. Aku pun menangis kesakitan. Namun bukannya kasihan, teman-temanku makin tertawa terbahak-bahak.
Sakit itu pun jadi berkurang ketika teman-temanku mengajakku menikmati buah durian yang sangat manis.

1. Siapa yang memadati jalan desaku?
A. Pedagang mangga.
B. Pedagang apel.
C. Pedagang durian.
D. Pedagang nangka.

2. Bagaimana kejadian saat durian jatuh?
A. Durian mengenai kepalaku.
B. Durian mengenai kakiku.
C. Durian jatuh di sebelahku.
D. Durian jatuh mengenai kaki temanku.

3. Pertanyaan yang sesuai dengan paragraf ke tiga adalah ....
A. Bagaimana cara makan buah durian?
B. Apa yang menyebabkan rasa sakit berkurang?
C. Siapa yang kamu ajak menikmati durian?
D. Kapan saat yang tepat makan durian?

4. Ide pokok paragraf pertama adalah ....
A. Saat ini di daerahku sedang musim durian
B. Pedagang durian memadati jalan-jalan di desaku
C. Ayah mengajak kami ke kebun durian yang tempatnya tak jauh dari rumahku
D. Kami memetik buah durian di kebun
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 sampai dengan 8!
Bertanam Tanpa Tanah
Tanpa tanah kita dapat menanam berbagai macam bunga. Kini telah banyak dikembangkan cara bercocok tanam yang dikenal dengan nama hidroponik. Bercocok tanam hidroponik tidak menggunakan tanah. Hidroponik justru menggunakan media tanam seperti kerikil, pecahan genting, pasir kali atau gabus putih. Pokoknya, benda–benda berpori yang dapat digunakan untuk tempat pertumbuhan tanaman.
Sistem bercocok tanam hidroponik ini sangat cocok untuk lingkungan perkotaan. Tak heran jika hidroponik dipilih oleh penggemar kegiatan tanam menanam. Hal ini disebabkan cara tanam hidroponik yang praktis dan bersih. Apalagi hidroponik menawarkan beberapa keuntungan lain yang tidak sama dengan bercocok tanam biasa dengan tanah. Konon, produksi tanaman hidroponik lebih tinggi nilainya dan bebas hama penyakit.
Bermacam-macam bunga seperti kaktus, mawar, anyelir, dan berbagai jenis anggrek adalah jenis tanaman yang biasa ditanam dengan cara hidroponik. Bahkan dalam perkembangannya, beberapa jenis tanaman produktif pun mulai ditanam dengan cara hidroponik. Selain menjadi penyejuk lingkungan, kita pun dapat menikmati hasil dari tanaman produktif yang kita tanam. Mari kita hijaukan lingkungan kita yang lahannya terbatas dengan bercocok tanam tanpa tanah.

5. Apakah keuntungan menanam dengan cara hidroponik?
A. Menggunakan media seperti kerikil, pecahan genting, pasir kali, atau gabus putih.
B. Cara bertanam hidroponik praktis, bersih, dan produksi tanaman lebih tinggi nilainya.
C. Beberapa tanaman produktif mulai ditanam dengan cara hidroponik ini.
D. Lahan di daerah perkotaan sangat terbatas dan sudah tercemar polusi udara.

6. Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf kesatu adalah . . . .
A. Mengapa cara tanam hidroponik diminati banyak orang?
B. Di mana kita biasa bertanam tanaman dengan cara hidroponik?
C. Apa nama cara bertanam yang tidak menggunakan tanah?
D. Bagaimana cara menghijaukan lingkungan tempat tinggal kita?
7. Ide pokok paragraf kedua adalah . . . .
A. Hidroponik cocok di perkotaan.
B. Hidroponik biayanya murah
C. Hidroponik dapat menghijaukan lingkungan.
D. Hidroponik banyak keuntungannya.

8. Kalimat yang sesuai dengan paragraf ketiga adalah . . . .
A. Berbagai jenis tanaman dapat ditanam dengan cara hidroponik.
B. Bercocok tanam hidroponik hanya dapat dilakukan untuk tanaman bunga.
C. Bercocok tanam hidroponik hanya berfungsi sebagai penyejuk lingkungan.
D. Produksi tanaman hidroponik lebih tinggi nilainya dan bebas hama.
Teks 1
Pencemaran lingkungan yang terjadi di permukiman penduduk di kota-kota besar
pada umumnya disebabkan perilaku penduduk itu sendiri. Penyebab utamanya adalah
kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan. Sampah yang berserakan di
mana-mana itulah yang menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan.
Teks 2
Keadaan Kali Ciliwung yang membelah Kota Jakarta sangat memprihatinkan. Hal ini
dapat dilihat dari kondisi airnya yang kehitam-hitaman dan juga berbau, belum lagi
banyaknya sampah yang ada di permukaan airnya. Tercemarnya air sungai ini karena
perilaku masyarakat membuang sampah ke sungai.

9. Kedua teks tersebut sama-sama membahas tentang . . . .
A. Pencemaran Kali Ciliwung.
B. Pencemaran permukiman penduduk.
C. Pencemaran yang disebabkan ulah masyarakat.
D. Pencemaran akibat pembuangan limbah pabrik
10. Bunga mawar dapat tumbuh dengan baik…nutrisi tanah terpenuhi. 
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ….
              a. karena                                              c. walaupun
              b. asalkan                                           d. sehingga

Bacaan berikut untuk soal nomor 11-13 !
Lingkungan yang bersih akan menjadikan hidup lebih sehat. Agar lingkungan tetap bersih, kita harus rajin membersihkannya. Lingkungan yang bersih akan lebih indah dipandang. Selain itu, kita akan nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Jadi, jagalah lingkungan sekitar agar hidup kita lebih sehat. .

11. Tema bacaan tersebut adalah. …
a. lingkungan bersih dan sehat
c. manfaat lingkungan
b. menjaga lingkungan
d. hidup bersih dan sehat

12. Pesan yang terkandung dalam bacaan di atas adalah. …
a. sebaiknya kita menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat
b. agar kita senantiasa merawat lingkungan sekitar
c. supaya kita menciptakan hidup damai, tenang, dan nyaman
d. supaya kita menjaga kebersihan lingkungan agar hidup menjadi lebih sehat

13. Ayah Kusno seorang petani … Modal ayah Kusno dalam bertani adalah kemauan keras dan mau belajar ilmu pertanian. Dalam bekerja, ayah Kusno dibantu oleh tetangga. Ayah Kusno bertani untuk mendapatkan penghasilan.
Kalimat yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang di atas yaitu . . .

A. Dia gemar menonton sepak bola.
B. Dia petani sayuran.
C. Dia juga lancar membaca.
D. Dia selalu setia kepada istrinya.

14.
....
Sesampai di rumah, Maman menanam bibit tanaman yang dibelikan ayahnya. Bibit tanaman itu bibit tanaman mangga dan jambu air. Maman menanam bibit tanaman itu di halaman  samping rumahnya. Di halaman samping tersebut telah tumbuh pohon nangka dan pohon rambutan.

Kalimat yang sesuai untuk mengawali penggalan  cerita tersebut adalah…
a. Maman senang sekali hari itu.
b. Hari itu Maman diajak ayahnya pergi ke kebun pembibitan tanaman. Ayah Maman membelikan Maman bibit tanaman mangga dan jambu air. Maman senang sekali.
c. Maman ingin menanam bibit tanaman mangga dan jambu air. Maman mengajak ayahnya ke toko tanaman.
d. Ayah Maman membeli bibit tanaman mangga dan jambu air di kebun pembibitan tanaman.

15.    Laporan berikut untuk soal nomor 32 – 33                                                      
      Laporan Pengamatan
                                      
Laporan Pengamatan Objek
 :
 Pertumbuhan kacang hijau

 Waktu
 :
 4 – 8 Maret 2013

 Tempat
 :
 Lapangan sekolah dan di dalam kotak tertutup

 Pengamat
 :
 Nafi

 Hasil:
I. Terdapat perbedaan pertumbuhan kacang hijau di daerah terkena sinar matahari (lapangan) dan tidak terkena sinar matahari (kotak tertutup)
II. Kecambah kacang hijau yang terkena sinar matahari tumbuh berwarna hijau sedangkan kecambah kacang hijau yang tumbuh di daerah tidak terkena sinar matahari berwarna kuning.
III. ….

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah ….
a. Sinar matahari tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau.
b. Sinar matahari membuat kacang hijau cepat matang.
c. Sinar matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau.
d. Sinar matahari membuat kacang hijau layu.


16. Laporan pengamatan ditulis oleh….
a. Siswa                         b. Nafi                   c. Guru                 d. Peneliti

17. Pertumbuhan kecambah yang paling baik ketika ditanam di…
a. Lapangan sekolah                           b. kotak tertutup
c. dalam kelas                                     c. Halaman sekolah




18.   Di kaki bukit nan hijau
 Di keteduhan pohon tua merinding
Buluh perindu tiupannya mengalun merdu
 Melagukan nyanyian pelipur lara

Sementara Ia menunggu
Ternak dombanya merumput lahap
Hingga petang datang menjelang
Digiringnya pulang ke kandang

Puisi diatas jika diubah dalam bentuk prosa menjadi ….
a.    Di bawah pohon rindang, seorang penggembala duduk sambil meniup terompet yang dibawanya. Dia menghibur hatinya sambil menunggu dombanya hingga sore hari. Untuk digiringnya pulang ke kandang.
b.    Seorang penggembala duduk di bawah pohon yang rindang sambil bermain buluh kesayangannya. Dia menghibur hati yang sedang sedih bersama dombanya hingga sore hari. Setelah itu dia pulang ke kandang.
c.    Seorang penggembala duduk di bawah pohon yang rindang. Dia mengambil buluh kesayangannya. Dia bermain sambil menunggu dombanya hingga sore hari. Untuk digiringnya pulang ke kandang.
d.   Di bawah pohon yang rindang, seorang penggembala duduk sambil meniup buluh perindu. Dia menghibur hari sambil menunggu dombanya hingga sore hari. Untuk digiringnya pulang ke kandang.

19.  Judul yang tepat pada puisi di atas adalah….
a.       Gembala                           b. petani                 c. peternak              d. pemburu

Puisi untuk soal nomor 20 – 21!
Alam Desa
Mentari pagi terbangun di ufuk timur
Ayam jantan berkokok
Pak tani berangkat ke sawah
Tanaman padi menghampar luas
Air sungai mengalir jernih
Udara sejuk dan bersih

20. Pernyataan yang sesuai dengan isi puisi tersebut adalah ….
a. Pak tani berangkat ke sawah saat matahari sudah tinggi.
b. Ayam jantan milik Pak Tani berkokok sepanjang hari.
c. Tanaman padi Pak Tani sudah mulai menguning.
d. Udara di desa Pak Tani masih sejuk dan bersih.

21. Makna ufuk dalam puisi di atas adalah ….
a. arah                                                   c. sebelah
b. cakrawala                                         d. bagian

22. Pisang emas bawa berlayar,
      masak sebiji di dalam peti.
      ….
   ….
Isi yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah ….
a. Mahal emas dapat dibayar,
   utang budi pikir sendiri.

b. Jika berhutang harus dibayar,
    utang budi tiada pasti.

c. Utang emas dapat dibayar,
    utang budi dibawa mati.

d. Emas rusak hrus dibayar,
   utang budi dibawa mati.


23. Perhatikan pantun berikut !
Gagak terbang tinggi,
rajawali hinggap di batu
…….
……
Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi pantun tersebut adalah. …
a. Anak yang rajin, pasti disayang teman
 b. Anak yang pintar, pasti dapat juara Satu.
c. Anak yang berprestasi, pasti rajin bekerja
d. Anak yang berbakti, pasti senang membantu ibu.

Puisi berikut untuk soal nomor 24 – 25                                                      
Angin menghampiriku
tertatih-taih
Berbisik di telinga kiri
lembut, sejuk
Bulu halus di pelipis
tersibak rasa hampa
tiba-tiba
aku sadar
aku harus belajar



24. Parafrasa yang sesuai dengan puisi tersebut adalah …..
a. keengganan seseorang untuk belajar
b. kesadaran seseorang yang harus belajar
c. seseorang yang akan berangkat sekolah
d. seseoran yang sedang belajar pada pagi hari

25. Makna kata yang bergaris bawah pada puisi tersebut adalah ….
                     a. tegang                                  c. damai
                     b. resah                                    d. sunyi

IPA (1-20)
1.      Satuan terkecil ekosistem disebut…
a.       Populasi                                                            
b.       Individu
c.       Komunitas
d.      Biosfer

2.      Contoh ekositem alami meliputi….
a.       Danau, waduk, dan sungai
b.      Laut,kolam, dan sawah
c.       Hutan, ladang, dan sungai
d.      Danau, sungai, dan padang rumput

3.      Komponen abiotik yang paling berperan sebagai aliran energi pada suatu ekosistem adalah…
a.       Air                             b. tanah                     c. cahaya matahari            d. kadar garam

4.      Sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal pada suatu tempat dalam jangka waktu tertentu disebut…
a.       Jaringan                 b. populasi                       c. individu                 d. bioma

5.      Simbiosis komensalisme dapat dilihat dari….
a.       Kupu-kupu dengan bunga mawar
b.      Kerbau dengan burung jalak
c.       Anggrek di pohon mangga
d.      Tali putri dengan bunga kertas

6.      Tindakan manusia yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan adalah…
a.       Penebangan liar
b.      Pencemaran sungai
c.       Ladang berpindah
d.      Sistem tebang pilih

7.      Tumbuhan hijau berperan sebagai produsen, sebab….
a.       Menghasilkan benda yang berguna bagi lingkungannya
b.      Mampu membuat makanan sendiri dengan bantuan cahaya matahari
c.       Memakan makanan yang ada di lingkungannya
d.      Menguraikan sisa-sisa makhluk hidup lainnya

8.      Hubungan atau interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya disebut…
a.       Individu         b. populasi                  c. komunitas              d. ekosistem

9.      Berikut ini, yang termasuk komponen biotik dalam ekosistem adalah…..
a.       Batu                     b. capung              c. udara                d. cahaya

10.  Organisme yang berperan sebagai konsumen adalah….
a.       Ayam                   b. pohon pisang            c. alga              d. rumput

11.  Perhatikan rantai makanan berikut:
Hewan yang berperan sebagai konsumen tingkat dua adalah…
a.       Belalang                       b. katak                       c. ular            d. burung elang

12.  Jika burung elang punah dalam suatu ekosistem, maka makhluk hidup yang mengalami pertambahan jumlah populasi adalah….
a.       Rumput                        b. belalang                  c. katak               d. ular        

13.  Ekosistem yang memiliki suhu tinggi, berpasir, dan banyak hewan berbisa adalah ekosistem…
a.       Hutan hujan tropis          b. gurun            c. sabana             d. padang rumput

14.  Ciri-ciri dari ekosistem taiga adalah…
a.       Beriklim tropis, memiliki curah hujan teratur, dan banyaknya tanaman merambat
b.      Beriklim tropis dan sedang, curah hujan sedang, dan banyak ditumbuhi rumput
c.       Beriklim dingin, ditumbuhi hutan lumut, dan terletak di daerah kutub
d.      Beriklim dingin, ditumbuhi hutan berdaun jarum, dan terdapat hutan pinus

15.  Produsen pada piramida makanan ditempati oleh…
a.       Tumbuhan hijau                    b. hewan                  c. pengurai               d. jamur

16.  Perhatikan gambar piramida makanan berikut:
Konsumen puncak memperoleh energi………dibanding makhluk hidup di posisi lainnya.
a.       Paling banyak                          
b.      Paling sedikit                
c.        Sama banyak
d.      Paling buas

17.  Konsumen tingkat satu adalah…….
a.       Hewan herbivora                      b. hewan karnivora               c. hewan omnivora

18.  Seekor singa bertarung dengan singa lainnya ketika mendapatkan seekor rusa. Persaingan tersebut terjadi untuk….
a.       Pertahanan daerah                     
b.      mendapatkan makanan             
c.       mendapatkan pasangan
d.      mengunggulkan diri

19.  Sawah merupakan bentuk ekosistem….
a.       Alami                  b. buatan              c. natural             d. hutan  

20.  Sarah mengamati kebun di belakang rumahnya dan mengamati interaksi makhluk hidup:
I)pepaya dihinggapi hama
II)lumut di pohon kelapa
III)lebah di atas bunga mawar
IV)ikan remora dengan ikan hiu
Hubungan simbiosis parasitisme terjadi pada nomor…
a.       I                                              b. II                             c. III
      PPKn (1-10)
1. Bukti menunjukan bahwa masyarakat adalah suatu bentuk ekosistem yaitu…
a. adanya interaksi antarmasyarakat yang berbeda suku
b. adanya persaingan antarmasyarakat yang berbeda suku
c. adanya pemisahan antarmasyarakat yang berbeda suku
d. adanya aliran energi antarmasyarakat yang berbeda suku

2. Jika interaksi antar masyarakat terganggu, maka…
a. keadaan komunitas masyarakat berjalan baik
b. keadaan komunitas masyarakat akan terganggu
c. keadaan komunitas masyarakat berjalan seperti biasa
d. keadaan komunitas masyarakat akan beragam

3. Contoh sikap yang menyikapi perbedaan dengan teman-teman di sekitarmu adalah…
a. bermain dengan teman satu suku
b. membantu teman ketika kesusahan
c. menghindari bermain di lingkungan luar
d. mengabaikan tugas kelompok

4. Sikap memberikan apa yang kita punya kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan disebut….
a. Berbagi                                      b. peduli                     c. toleransi                  d. menghargai

5. Kegiatan yang biasanya dilakukan bersama-sama dalam masyarakat adalah…
a. mencuci pakaian                             b. belajar di sekolah                c. penyelenggaraan acara pernikahan

6. Semboyan negara ‘berbeda-beda tetap satu’ adalah…
a. Bhineka Tunggal Ika
b. Tut wuri handayani
c. Pancasila
d. Dasa Warsa

7. Kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan adat istiadat adalah…
a. acara pemerintahan
b. acara pernikahan
c. acara kematian
d. upacara bendera

8.      Sikap bekerja sama dan saling membantu secara bersama-sama di dalam masyarakat  disebut….
    a. peduli                                b. santun                     c. gotong royong            d. tenggang rasa

9.      Kegiatan yang biasanya dilakukan bersama-sama di sekolah adalah…
a. mencuci
b. belajar di sekolah               
c. penyelenggaraan acara pernikahan

10.  Kerja sama merupakan perwujudan Pancasila sila …
a. 1                   b. 2            c. 3

Kejujuran membuat seseorang jauh lebih mulia

Selamat Mengerjakan



















Nama ProductProduct Name Goes here!
HargaRp 99.99
KeteranganYour product description here!
Available StockStock count here!

1 komentar:

  1. silakan ibuk cek... maaf atas keterlambatannya, sebab pas hari sabtu laptopnya ada gangguan

    BalasHapus